Jangan Sampai Terlewat!, Ini Pentingnya Mencuci Buah dan Sayur Sebelum Dikonsumsi

Avatar
Ilustrasi pentingnya mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi / penulis: Nova Dwi Ardiansyah, Program Studi S1 Gizi UIN Walisongo Semarang
Ilustrasi pentingnya mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi / penulis: Nova Dwi Ardiansyah, Program Studi S1 Gizi UIN Walisongo Semarang

Wartacakrawala.com – Mencuci buah dan sayur sebelum dikonsumsi merupakan hal penting yang harus selalu dilakukan. Pasalnya, mencuci sayur dan buah akan menghilangkan pestisida ataapun kuman dan bakteri yang menempel pada sayur dan buah tersebut. Berikut ulasannya.

Kebanyakan orang mengerti dan waspada akan bahaya keracunan serta cara memproses daging dengan baik. Namun kesadaran dan kewaspadaan akan bahaya keracunan makanan dari buah an sayur masih relatif lebih rendah.

Berbicara tentang menjaga kebersihan buah dan sayuran ini menjadi topik yang mulai banyak diperbicangkan oleh banyak orang, bahkan pakar kesehatan sekalipun. Sebab, persoalan kebersihan buah dan sayur tidak semata-mata tentang bebas dari kotoran dan kuman saja tapi juga pestisida yang digunakan untuk menghindari serangan hama.

Perlu kita ketahui, produk segar ditangani oleh banyak orang sebelum kita membelinya dari supermarket atau pasar. Selama proses penanamannya, sayur dan buah juga dapat dengan mudah terkontaminasi oleh kuman lewat berbagai cara. Mulai dari tanah dan air, cacing, bahan kimia pestisida ataupun kebersihan pekerja di kebun pertanian tersebut.

Bahkan setelah panen pun, buah dan sayur yang kita konsumsi juga dapat terkontaminasi pada proses pengemasan buah dan sayur yang berpindah dari satu tangan ke tangan yang lain.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mencuci buah dan sayur segar dengan benar sebelum kita mengonsumsinya. Sebab, dapat secara signifikan mengurangi residu yang mungkin tertinggal selama perjalanan mereka ke dapur kita dan kita dapat terhindar dari adanya bahaya risiko keracunan pada makanan.

Baca juga: Melalui Self Healing; Semua Bisa Mengobati Luka Psikis

Berdasarkan National Health Services United Kingdom, bahaya tersebut salah satunya terlihat pada kejadian di tahun 2011, di mana terjadi outbreak infeksi Eschericia Coli di Inggris meliputi 250 kasus, dengan kecurigaan utama akibat kontaminasi tanah pada sayur dan kentang.

Berbagai efek kesehatan dapat muncul tanpa praktik mencuci buah dan sayur yang baik. Mulai dari yang bersifat jangka pendek, seperti infeksi saluran cerna akibat kuman, hingga efek jangka panjang yang dapat berupa penyakit kronik akibat penumpukan pestisida dalam tubuh. Oleh sebab itu, jangan sepelekan proses mencuci sayur sebelum mengolahnya menjadi makanan yang hendak kita konsumsi.

Diketahui bahwa pestisida adalah bahan yang digunakan untuk mengusir hama pada lahan pertanian. Hal ini yang menjadi masalah adalah penggunaan bahan kimia pada pestisida ternyata dapat membahayakan kesehatan manusia dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Mencuci buah dan sayuran segar dengan air bersih dn mengalir ataupun dengan air dingin sebelum memakannya adalah praktik yang baik dalam hal kebersihan kesehatan dan keamanan pangan.

Total
2
Shares
2 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Rakor Internal PW GP Ansor Jatim yang digelar di Hotel Santika Gresik Minggu (11/6).

Jelang Tahun Politik, Ketua PW Ansor Instruksikan Jatim Satu Komando

Next Post
Jajaran Polres Malang kembali menggelar pengamanan pada laga kedua di grup D Piala Presiden 2022

Polres Malang Komitmen Optimalkan Pengamanan Laga Piala Presiden

Related Posts
Total
2
Share