Jokowi Pastikan Pemerintah Akan Bantu Korban Terdampak Gempa

Shofy Maulidya Fatihah
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi terdampak gempa di Dampit, Kabupaten Malang

Wartacakrawala.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi terdampak gempa di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sejumlah rumah warga di lokasi tersebut hancur karena tak tahan terhadap getaran gempa.

“Saya berada di Desa Majangtengah untuk meninjau gempa yang terjadi beberapa waktu lalu. Tadi saya sudah mendapatkan laporan, kerusakan khususnya yang di Kabupaten Malang, ada 1.716 rumah itu yang rusak berat, sedang, dan ringan,” kata Jokowi di lokasi, Kamis, 29 April 2021.

Jokowi menjelaskan pemerintah pusat telah mendata kerusakan yang terjadi akibat gempa tersebut. Selanjutnya pemerintah akan mengucurkan anggaran untuk merenovasi rumah rusak akibat gempa.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Dua Menteri, Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia

“Semua akan dibantu oleh pemerintah, yang berat akan dibantu Rp50 juta, yang sedang Rp25 juta, dan yang ringan dibantu Rp10 juta,” jelasnya.

Dia berharap pemulihan kawasan terdampak gempa segera dirampungkan agar masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti semula.
Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke dua lokasi di Kabupaten Malang, Jawa Timur, hari ini. Pertama meninjau proses tanam dan panen padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran.

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Tinjau Lokasi Terdampak Gempa Kabupaten Malang Hari ini

Kedua meninjau lokasi terdampak gempa di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit. Sebelum berkunjung ke Malang, Presiden Jokowi sempat bersilaturahmi dengan perwakilan keluarga korban KRI Nanggala 402, di Hanggar Lanudal Juanda, Kabupaten Sidoarjo.

“Kita harapkan, nanti bisa segera bisa dilaksanakan rekonstruksi, dan untuk fasilitas umum, seperti yang ada di belakang saya ini, mushola, juga akan dikerjakan oleh Kementerian PU,” ujarnya.

Total
11
Shares
11 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Manchester City Berhasil Comback di Leg Pertama Semifinal Liga Champions atas PSG

Next Post

Duta Pemuda Kabupaten Malang Lintas Angkatan Bagikan Takjil Gratis

Related Posts

Total
11
Share