Refleksi Hari Guru Nasional, Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Helat Upacara

Avatar
Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 2 melaksanakan upacara peringati Hari Guru Nasional

Wartacakrawala.com – Refleksi peringatan hari Guru Nasional ke-75 berlangsung di SMP Negeri 2 Pakis. Mahasiswa Kampus Mengajar angkatan 2 menggandeng siswa, serta dewan guru menggelar upacara pada kamis (25/11).

Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional ini dipimpin oleh bapak Drs. Anang Widodo selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Upacara yang digelar di halaman depan itu terlaksana dengan protokol kesehatan yang ketat. Namun tidak semua siswa bisa turut serta karena l kabupaten Malang masih dalam masa PPKM Level 3.

Menyusul peraturan dinas pendidikan kabupaten Malang bahwa pembelajaran tatap muka secara terbatas 50% untuk Sekolah Menengah Pertama, sehingga sekolah menerapkan sistem tatap muka ganjil genap.

Meskipun upacara dilaksanakan secara terbatas, tetapi berjalan dengan lancar dan khidmat. Upacara hari guru nasional ini merupakan usulan dari guru SMPN 2 Pakis dan disepakati bersama mahasiswa kampus mengajar angkatan 2. 

Fajar Gilang Prakoso sebagai koordinator Kampus Mengajar angkatan 2 di SMPN 2 Pakis menerangkan jika upacara hari guru sebagai rangka mengingatkan kembali siswa pada peran penting seorang guru.

Baca juga: Perbedaaan Jalur Masuk Perguruan Tinggi, Yuk Pahami Agar Tak Salah

“Guru adalah bunga bangsa, pahlawan tanpa tanda jasa. Momentum ini hanya setahun sekali sehingga menjadi penting untuk kami peringati pada hari ini,” terang Fajar dalam penuturannya. 

Mahasiswa Kampus mengajar melaksanakan upacara peringati hari guru nasional di SMPN 2 Pakis

Sebelum upacara dilaksanakan, mahasiswa kampus mengajar melakukan koordinasi bersama kesiswaan mengenai perayaan di hari guru nasional saat upacara dilaksanakan.

Adapaun rangkaian acara yang disepakati antara mahasiswa kampus mengajar dengan pengurus PGRI di SMPN 2 pakis yaitu, menggerakkan siswa membuat puisi dengan tema hari guru. 

“Seluruh karya yang terkumpul kami seleksi yang terbaik. Hasilnya, tiga puisi terbaik untuk dibacakan setelah upacara dilaksanakan. Mengingat acara memperingati hari guru nasional merupakan upacara yang khidmat, sangat pas dalam kemasan puisi,” imbuh Fajar dalam penuturannya. 

Galuh Prajnalaga siswi kelas 9 merupakan siswi yang karyanya terpilih membacakan puisi bahasa Indonesia setelah upacara dilaksanakan, Dimas Riyo siswa kelas 9 merupakan siswa yang karyanya terpilih membacakan puisi bahasa inggris.

Adapun penampilan spesial dari siswa kelas 9F yaitu mempersembahkan puisi untuk guru dan menyanyikan lagu hymne guru dan terimakasihku. Dengan memberikan buket bunga yang indah untuk dewan guru di SMPN 2 Pakis.

Sementara itu, Dewi Novita Sari selaku Wakil Kepala sekolah bidang kurikulum sekaligus pembina upacara lantas mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Terimakasih bunga ini untuk guru kita semua harapan kedepannya semoga guru di SMP kita bisa semakin giat guna mendidik generasi emas bangas Indonesia,” tutur Dewi saat memberikan sambutan sebagai pembina upacara.

Upacara tersebut lalu diakhiri dengan doa. Diharapkan kedepannya kinerja guru di SMP Negeri 2 Pakis semakin baik dengan doa tersebut. (*)

Total
7
Shares
7 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Perbedaaan Jalur Masuk Perguruan Tinggi, Yuk Pahami Agar Tak Salah

Next Post
Sosialisasi Manfaat Bergabung BPJS Ketenagakerjaan pada jum’at sore (26/11) di siluet cafe jalan Trunojoyo 46, Kota Malang.

Adakan Sosialisasi Manfaat Bergabung BPJS Ketenagakerjaan, Atlet Hingga Tokoh Agama Mendaftar Secara Mandiri

Related Posts

Total
7
Share