Mahasiswa UMM Bantu Pemasaran Produk UMKM Desa Watulimo

Avatar
Mahasiswa pmm umm bantu pemasaran produk umkm Desa Watulimo
Mahasiswa pmm umm bantu pemasaran produk umkm Desa Watulimo

Wartacakrawala.com – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) membantu pemasaran produk UMKM Desa Watulimo, Kripik talas dan singkog.

Desa Watulimo merupakan desa dengan wilayah yang berlokasi di dataran tinggi. Masyarakat di Desa Watulimo mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan perkebunan.

Hasil pertanian masyarakat berupa padi dan jagung, sedangkan hasil perkebunan berupa cengkeh, durian, manggis, kelapa, pisang, kapulaga, porang, singkong dan talas.

Pada kegiatan kali ini, mahasiswa UMM melakukan kerjasama dengan UMKM di Desa Watulimo, serta membantu memperluas pemasaran ke luar daerah lokal.

Sebelum melakukan kerjasama, mahasiswa sempat melakukan wawancara dengan pemilik UMKM di Desa Watulimo tentang kapan usaha tersebut dimulai. 

Baca juga: LEPPIM Award Jadi Wahana Kritis Peningkatan Skill Akademik Mahasiswa

Menurut pemilik UMKM, produk kripik tersebut dibuat sejak 2 tahun lalu yaitu pada tahun 2019. Ia juga menjelaskan alasan memilih kripik singkong dan talas sebaga produknya.

“Karena disini singkong dan talas sangat mudah dijumpai namun kebanyakan hanya dijual sebagai bahan baku mentah saja, jarang yang mengolah kripik kemudian dijual kembali, dan selain itu juga ternyata banyak sekali peminat kripik singkong dan talas ini mulai dari warga lokal hingga ke luar daerah,” lanjutnya.

Kegiatan ini dimulai dengan penanaman bibit singkong dan talas di lahan kosong milik warga setempat. Tujuan dilakukan penanaman ini adalah untuk meningkatkan potensi Sumber Daya Alam.

Selanjutnya, mahasiswa UMM melakukan kegiatan pemanenan dari singkong dan talas yang ada di lahan perkebunan warga dengan bantuan pemilik kebun. Hasil panen kemudian dikumpulkan dan dibawa ke tempat UMKM singkong dan talas.

Terakhir, hal ini dilanjutkan dengan kegiatan pengolahan singkong dan talas, kegiatan pengolahan ini dimulai dari pengupasan, pencucian, pengirisan, perendaman, penggorengan, pembumbuan, hingga pengemasan dan pelabelan.

Dalam kegiatan pengolahan ini mahasiswa didampingi dan dibantu oleh Bu Jum selaku pemilik UMKM singkong dan talas di Desa Watulimo.

Total
40
Shares
40 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
LEPPIM Award oleh LEPPIM UPI Purwakarta

LEPPIM Award Jadi Wahana Kritis Peningkatan Skill Akademik Mahasiswa

Next Post
Mahasiswa UMM buat sejumlah program edukatif di TK Hidayatul Athfal

Mahasiswa UMM Buat Sejumlah Program Edukatif di TK Hidayatul Athfal

Related Posts
Total
40
Share