Pengembangan Potensi UMKM dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Avatar
Pengembangan Potensi UMKM oleh mahasiswa pmm
Pengembangan Potensi UMKM oleh mahasiswa pmm

Wartacakrawala.com – Usaha kecil atau lebih dikenal dengan UMKM saat ini perlu dikembangkan dan dipertahankan, mengingat manfaat yang diperoleh sangat menjanjikan.

Usaha kecil dikembangkan dengan harapan dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan untuk kemudian dialokasikan pada pengeluaran rumah tangga. Seperti yang dilakukan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)  Prodi Manajemen  ( FEB) di salah satu desa yang berada di Gorontalo.

Pembinaan dan pengembangan usaha kecil yang baik akan memperbesar sumbangannya bagi perekonomian nasional pada umumnya dan memberikan sumbangan bagi daerah dimana usaha kecil itu tumbuh dan berkembang.

Bisnis makanan ringan merupakan bisnis berskala rumah tangga yang memiliki peluang sangat bagus untuk saat ini maupun yang akan datang. Permintaan pasar untuk makanan ringan terus mengalir.

Baca juga: Gandeng Karang Taruna, Mahasiswa UMM Lakukan Edukasi Pengolahan Jamu

Mengingat, penikmat makanan ringan, tidak hanya anak- anak, tetapi juga remaja, dewasa, hingga orang tua. Maka tidak mengherankan jika pelaku bisnis makanan yang sering disajikan sebagai selingan saat melakukan kegiatan ini sering kali kebanjiran pelanggan. Membuat peluang bisnis makanan ringan ini menjadi semakin terbuka lebar.

Rendahnya kapasitas produksi yang dimiliki membuat usaha ini kurang berkembang. Disamping itu peralatan yang digunakan juga sederhana dan masih bersifat tradisional, sehingga memakan waktu yang cukup lama dan sangat menguras tenaga.

Untuk itulah diperlukan sentuhan iptek yang akan membuat proses produksinya menjadi lebih mudah dan murah.Sehubungan dengan hal tersebut, maka dirasa perlu diberikan pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas mitra pengabdian.

Diharapkan setelah pendampingan, para mitra menjadi lebih meningkat pengetahuannya, mampu mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam pekerjaan sehari-harinya dan menularkan pengetahuan tersebut kepada pengusaha yang lain.

Total
21
Shares
21 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Ilustrasi seragam satpam akan kembali diganti / berita diy pikiran rakyat

Mirip Seragam Polri, Warna Seragam Satpam akan Kembali Diganti

Next Post
situs nonton drama korea 100% legal

Situs Nonton Drama Korea 100% Legal, Yuk Intip

Related Posts
Total
21
Share