Perkembangan Pola Pikir Anak Jalanan

Shofy Maulidya Fatihah
Ilustrasi perkembangan pola pikir anak jalanan /detikcom
Ilustrasi perkembangan pola pikir anak jalanan /detikcom

Wartacakrawala.com – “Mengapa aku tidak seperti mereka”. Mungkin itulah ucapan yang sering terbesit atau terucap dalam hati anak-anak yang setiap hari hidup berlalu lalang diarus padatnya transportasi, beralarm kan klakson dan teriakan” orang yang berlalu lalang.

Bertarung dengan panasnya terik siang dan berselimutkan dinginnya angin malam demi bisa melanjut tali kehidupan yang tak tahu sudah putus atau belum, ketika melihat sebayanya bisa berkumpul dengan guya-guyu (canda gurau) bersama keluarganya didalam sebuah kendaraan tak kepanasan tak kehujanan.

Beginilah kenyataan pahit kehidupan para anak-anak yang hidup dengan keterbatasan ekonomi, Kemiskinan adalah suatu keadaan dimana seseorang tidak dapat mencukupi kebutuhan pokok dari pendapatan yang dia dapatkan setiap harinya.

Baca juga: Melalui Self Healing; Semua Bisa Mengobati Luka Psikis

Hal ini adalah problematika yang selalu ada di lingkungan masyarakat terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini pula masih menjadi problem terbesar di Indonesia yang sulit diselesaikan.

Dikarenakan selalu melonjaknya jumlah populasi namun tidak diimbangi dengan lapangan kerja yang cukup, sehingga masalah kemiskinan ini masih menjadi problem utama dari pemerintahan saat ini.

Kemiskinan menimbulkan banyak permasalahan mulai dari tindak pidana seperti pencurian sampai penelantaran. Kebanyakan orang yang memiliki keadaan ekonomi yang kurang atau kemiskinan bila tidak mempunyai lapangan kerja akan mencari pendapatan dengan meminta-minta seperti yang banyak ditemui di jalan-jalan.

Baca juga: Development Dan Demokrasi Dalam Harmoni Pergerakan

Hal ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa namun juga banyak dijumpai anak-anak yang bahkan masih di bawah umur atau yang biasa disebut dengan anak jalanan, yang semestinya masih dalam masa-masa bermain.

Masalah ini akan menimbulkan hambatan perkembangan pada anak-anak tersebut. Perkembangan yang mungkin terjadi hambatan terbesar adalah pada perkembangan kognitifnya yaitu masa perkembangan pola berfikirnya.

Setiap makhluk hidup pasti mengalami perkembangan selama hidupnya. Perkembangan yang dialami meliputi seluruh bagian dengan keadaan yang dimiliki oleh makhluk tersebut. Peristiwa perkembangan pada manusia tidak hanya tertuju pada aspek psikologis saja, namun juga aspek biologis.

Total
1
Shares
1 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Badan Eksekutif Mahasiswa Se-Nusantara (BEMNus) Daerah Maluku

Korda BEM Nusantara Maluku Pertanyakan Peserta Siluman dalam Temu Nasional Yogyakarta

Next Post
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hadiri tasyakuran bersama petani

Makin Mesra, Ganjar dan Jokowi Syukuran Bareng Ribuan Petani Perhutanan Sosial

Related Posts
Total
1
Share