Potensi Alam Desa untuk Wujudkan Pengembangan Desa Maju

Avatar
Ervira Nur Afifah, Mahasiswa Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Wartacakrawala.com – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam potensi sumber daya alam melimpah. Indonesia juga memiliki berbagai budaya dan suku bangsa yang sangat beragam dan tersebar diseluruh wilayah di Indonesia.

Tidak hanya itu, negara Indonesia juga disebut sebagai negara maritim karena terdiri dari 17.499 pulau dengan panjang garis pantai 81.000 km dan luas perairannya terdiri dari laut teritorial.

Tentunya dengan banyaknya sumber daya alam di Indonesia akan menjadikan sebuah tantangan bagi seluruh lapisan masyarakat agar dapat memanfaatkan potensi tersebut dengan baik dan benar. Sehingga tidak akan ada penyalahgunaan ataupun dampak dari penggunaan sumber daya alam tersebut.

Saat ini, telah banyak sekali potensi alam yang dikembangkan agar dapat memajukan kondisi di suatu desa. Seperti contoh, pulau-pulau di seluruh Indonesia yang mayoritas sumber daya alam berupa perairan. Banyak sekali laut dan pantai yang mengelilingi pulau di Indonesia.

Baca juga: Cara Mengurus KTP yang Hilang di Luar Kota, Tak Perlu Pulang Kampung

Di Indonesia sudah banyak pemanfaatan potensi alam untuk pembangunan desa. Misalnya, daerah pesisir pantai yang dijadikan tempat wisata dengan mendirikan beberapa tempat untuk bersantai dan juga didukung oleh usaha masyarakat sekitar yang berjualan sehingga pendapatan masyarakat disekitar pantai tersebut menjadi lebih baik.

Selain itu, dengan adanya potensi alam ini bisa juga dapat digunakan untuk usaha budidaya udang ataupun hasil laut lainnya. Tidak hanya itu saja, pengolahan air laut dengan cara menguapkan menjadi garam laut juga bisa menjadi salah satu pengembangan potensi alam di suatu desa.

Pemerintah desa harus terus memantau dan selalu memberikan inovasi pengembangan desa agar dapat meningkatkan perekonomian desa itu.

Masyarakat dan juga pemerintah harus selalu bekerjasama demi mewujudkan kesejahteraan desa. Kerja sama yang kuat dari berbagai pihak serta dukungan penuh akan mewujudkan pengembangan desa yang lebih baik.

Adanya saling keterbukaan informasi dari berbagai pihak akan sangat memudahkan untuk menjalankan tahapan pengembangan desa.

Dengan adanya pengembangan desa melalui potensi alam di suatu desa diharapkan mampu membawa desa tersebut kearah yang lebih baik dan sejahtera serta tercapainya keinginan pemerintah desa.

*)Penulis : Ervira Nur Afifah, Mahasiswa Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Wartacakrawala.com

*)Opini di Wartacakrawala.com terbuka untuk umum

*)Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim

Total
1
Shares
1 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Dispora Kukuhkan 8 Pemuda Terbaik Jadi Duta Pemuda Kabupaten Malang

Next Post

Tantangan Media Cetak di Era Media Online

Related Posts

Total
1
Share