Tingkatkan Efisiensi Produksi, Mahasiswa PMM Bantu Kelompok Tani Desa Petungsewu

Avatar
Alat sortir jeruk kreasi mahasiswa PMM UMM

Wartacakrawala.com – Mahasiswa Kelompok 88 gelombang 14 Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) merealisasikan sejumlah program kerja. Salah satunya yaitu membuat alat sortir Jeruk.

Program tersebut didasarkan pada adanya potensi pertanian jeruk yang ada di Desa Petungsewu, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Mahasiswa yang dibimbing oleh Risky Angga Pramuja, SE., M.Ec.Dev ini kemudian bertemu dengan ketua kelompok tani jeruk yang ada di Desa Petungewu yaitu Bapak Dulmanan.

Berdasarkan hasil dari diskusi tersebut, ditemukan sejumlah kekurangan dalam pengelolaan jeruk.

“Potensinya sangat besar, tetapi masih ada beberapa kendala, salah satunya adalah kendala dalam menyortir grade buah jeruk tersebut,” ujar ketua kelompok tani.

Oleh karena utu, Muhammad Zidan, selaku Koordinator PMM kelompok 88 menyebut, kelompoknya akan membuat alat sortir jeruk sederhana.

“Ini sesuai dengan kebutuhan dari pihak kelompok tani,” ujarnya.

Baca juga: Sederet Program Mahasiswa PMM, Mulai Edukasi Kesehatan hingga Konsep Go Green

Bahan yang digunakan pada pembuatan alat ini sangat sederhana dan mudah ditemukan, yaitu talang air, besi siku, triplek, mur&baut, balok kayu, serta pelindung kabel berbentuk pipa.

“Cara kerja alat ini sangat sederhana, yaitu jeruk menggelinding masuk ke dalam bagian penyortir, kemudian jeruk akan tersortir oleh lubang yang telah kami buat sesuai dengan ukuran grade masing-masing. Lalu jeruk yg telah tesortir akan masuk ke keranjang buah yg telah disediakan,” lanjutnya.

Sementara itu, Ravi Abdullah, anggota kelompok 88 gelombang 14 PMM UMM selaku perancang alat mengatakan alat tersebut sudah rampung dan siap digunakan.

“Alhamdulillah alat yang kami buat bisa berfungsi dengan baik dan sesuai dengan harapan. Kami berharap dengan adanya alat tersebut dapat membantu mengefisienkan waktu dan tenaga kelompok tani yang ada di Desa Petungsewu dalam menyortir grade buah jeruk setelah panen,” tandasnya.

Total
4
Shares
4 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Meriahkan Hari Santri Nasional, PC NU Kabupaten Malang Gelar Kirab Pataka Panji NU

Next Post

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Melalui Senam Irama di Transmisi Era New Normal

Related Posts

Total
4
Share