Urgensi Integrasi Nasional dalam Membangun Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia

Avatar

Wartacakrawala.com – Di dalam kehidupan sebuah bangsa pasti selalu dihadapkan dengan berbagai upaya dalam menyatukan berbagai keberagaman yang ada.

Hal tersebut bertujuan untuk membangun rasa persatuan dan kesatuan, dalam mewujudkan kesejahteraan bangsa.

Berdirinya suatu bangsa pasti membutuhkan persatuan di dalamnya, yang mana hal tersebut disebut dengan integrasi nasional.

Menurut Saafroedin integrasi nasional ialah upaya dalam menyatukan seluruh komponen bangsa dengan pemerintah beserta wilayahnya.

Membangun integrasi nasional merupakan suatu hal penting yang harus dilakukan. Seperti halnya di Indonesia, model integrasinya lebih dimaksudkan untuk membentuk suatu kesatuan yang baru yaitu  bangsa Indonesia yang merdeka dan memiliki semangat kebangsaan.

Dalam upaya membangun integrasi nasional, bangsa Indonesia masih dihadapkan dengan beberapa tantangan. Tantangan tersebut berasal dari dua dimensi yakni vertikal dan horizontal.

Baca juga: Wapres Ma’ruf Amin Ingatkan Dua Tantangan Pendidikan Tinggi di Era Digital

Dalam dimensi vertikal tantangan tersebut berupa munculnya celah perbedaan antara elite dan massa Pada kaum elite mereka biasnya cenderung untuk berfikir modern bila dibandingkan dengan massa yang tradisional.

Sedangkan pada dimensi horizontal sendiri masalah yang muncul cenderung berakar pada perbedaan suku, ras, agama, maupun demografi.

Tantangan lainnya yang masih kerap muncul di masyrakat Indonesia yakni seperti primordialisme.

Selain itu, besarnya ketimpangan dan tidak meratanya pembangunan mengakibatkan adanya rasa ketidakpuasan pada golongan tertentu.

Dari adanya berbagai permasalahan tersebut timbulah keinginan yang kuat dari pemerintah untuk mewujudkan aspirasi masyarakat.

Urgensi integrasi nasional yakni untuk membangkitkan kesadaran akan identitas bersama, membangun persatuan dan kesatuan bangsa, serta menguatkan identitas nasional.

Dengan adanya integrasi nasional maka sebuah bangsa akan berdiri dengan kokoh.

*) Penulis: Roihatul Makwa, Mahasiswa Universitas Negeri Malang

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Wartacakrawala.com

*) Opini di Wartcakrawala.com terbuka untuk umum

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim

Total
1
Shares
1 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Cara Daftar KIP Kuliah, Tahapan dan Syaratnya, Calon Mahasiswa Wajib Memahami

Next Post

Cara Mudah Mengubah Nama di Facebook, Bisa Melalui HP

Related Posts
Total
1
Share