Kenalkan Mata Uang, Mahasiswa PMM UMM Luncurkan Program Market Day

Shofy Maulidya Fatihah
Market Day oleh mahasiswa PMM UMM oleh Kelompok 32 Gelombang 13
Market Day oleh mahasiswa PMM UMM oleh Kelompok 32 Gelombang 13

Wartacakrawala.com – Program market day yang dilaksanakan pada Jum’at (24/02) merupakan salah satu program kerja PMM Bhaktiku Negeri yang dibentuk oleh Kelompok 32 Gelombang 13 dengan dosen pembimbing lapang (DPL) Tri Wahyu Oktavendi, SE., M.SA.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Market day merupakan salah satu teknik belajar melalui praktek, pada kegiatan ini para peserta didik belajar mengenal mata uang dengan cara berperan menjadi penjual.

Kegiatan belajar melalui praktek ini dipilih karena memungkinkan peserta didik memahami serta menggunakan pengetahuan dan keterampilan.

Baca juga: KSM Tematik Unisma Berikan Kontribusi dalam Pengolahan Keripik di Desa Ngadirejo

Program market day diharapkan dapat memberikan pemahaman akan mata uang dan meningkatkan soft skill peserta didik terutama dalam bidang kewirausahaan.

Market day ini mengusung tema “Budaya Indonesia”. Tema budaya nusantara ini ditunjukkan melalui kostum adat yang dikenakan oleh peserta didik serta penampilan tari Jangkrik Genggong, berasal dari Pacitan Jawa Timur, oleh sekelompok anak kelas TK B.

“Untuk meramaikan kegiatan market day kami turut mengundang peserta didik dari PAUD Dusun Princi yang nantinya berperan sebagai pembeli,” terang salah satu mahasiswa.

Adapun menu-menu makanan yang dijual beragam mulai dari makanan tradisional hingga modern antara lain jelly pelangi, lumpia, gethuk, nasi goreng, pentol, pisang coklat, cappucino cincau, buah nangka, tela-tela, dan masih banyak lagi.

Harganya pun bervariasi dan sesuai dengan kantong anak TK dan PAUD dari lima ratus rupiah hingga empat ribu rupiah saja. Anak-anak sangat antusias dan senang dengan adanya kegiatan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Pengolahan dan pengemasan keripik tempe sagu dan gembos di Desa Ngadirejo oleh KSM UNISMA

KSM Tematik Unisma Berikan Kontribusi dalam Pengolahan Keripik di Desa Ngadirejo

Next Post
Mahasiswa PMM UMM ajak anak Panti Asuhan Nurul Abyadh berkreasi / ist

Mahasiswa Umm Ajak Anak Panti Berkreasi dan Mengolah Sampah Plastik Menjadi Tempat Sampah Kering

Related Posts