Keluh Kesah Mahasiswa UM Usai Melakukan Wisuda Virtual

Avatar
Mohamad Syahrul Anam Aris Satulloh Mahasiswa Universitas Negeri Malang saat mengikuti prosesi wisuda online

Wartacakrawala.com – Wisuda online belakangan ini marak digelar berbagai kampus. Wisuda sebelum ada pandemi Corona menjadi momen yang dinantikan para mahasiswa setelah menyelesaikan tugas akhir atau skripsi.

Pada momen wisuda ini biasanya para mahasiswa tampil maksimal memakai busana formal di balik baju toga. Mereka dipanggil satu per satu ke atas panggung untuk pemindahan tali toga sebagai tanda kelulusan.

Namun kini Corona mengubah segalanya. Pandemi COVID-19 yang tak kunjung usai dan malah semakin bertambah jumlah orang yang terinfeksi membuat kegiatan yang sifatnya mengumpulkan massa secara langsung, seperti wisuda, terlarang dilakukan. Oleh karena itulah wisuda kini dilakukan secara online.

Salah satu kampus yang melakukan wisuda online ini adalah Universitas Negeri Malang (UM). Kampus ini menyelenggarakan Upacara Wisuda Tahun Akademik 2020/2021 secara virtual. Wisuda online ini dilakukan via aplikasi Zoom,” Sabtu (12/12).

Wisuda ini pun berjalan dengan lancar. Meski begitu banyak mahasiswa UM yang mengeluhkan prosesi wisuda online ini. Karena Covid-19 memaksa wisuda diadakan tanpa tatap muka, dan diadakan secara daring.

Mohamad Syahrul Anam Aris Satulloh misalnya, ia mengeluhkan terkait teknis pelaksanaannya. Ia menilai bahwa teknis wisuda daring tersebut tidaklah efektif.

“Saya kurang memahami ya apa kendalanya. Tapi, waktu pelaksanaan wisuda kemarin, banyak kendala ditemui mahasiswa, seperti tidak bisa masuk room Zoom di awal sesi. Ini tentu mengecewakan,” paparnya.

Selan itu, kata Aris, banyak mahasiswa yang kehilangan momen wisuda. Ia menjelaskan bahwa tak sedikit mahasiswa yang memilih tidak mengikuti wisuda.

“Jadi dari pihak kampus memberikan pilihan kepada mahasiswa untuk mengikuti atau tidak. Ya mungkin karena kekecewaan mahasiswa terkait wisuda online ini, jadi mahasiswa yang memilih untuk tidak ikut,” jelasnya.

Terakhir, ketua Bidang Ekonomi Kreatif Forum Pemuda Milenial Malang Selatan (Forda Emas) ini menjelaskan terkait wisuda impiannya. Menurutnya, wisuda kali ini sangat tidak memorable.

“Memakai toga, menenteng ijazah, berdandan istimewa, berjabat tangan dengan Rektor, memasuki Gedung wisuda didampingi keluarga dan sahabat adalah impian calon wisudawan sejak menjadi mahasiswa baru. Berangan-angan untuk membawa kenangan cerita betapa bahagia dan bangganya,” pungkasnya. (*)

Total
2
Shares
2 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Babak 32 Besar, Kompetisi E-Sport Forda Emas x KNPI Jatim Berlangsung Seru

Next Post

Penutupan PMM, Mahasiswa UMM Bagikan Ember Cuci Tangan

Related Posts

Total
2
Share