Peduli ABK, Komunitas Aksara Bhineka Gelar Pengabdian Kemanusiaan

Shofy Maulidya Fatihah
Komunitas Aksara Bhinneka menggelar giat pengabdian kemanusiaan kepada anak berkebutuhan khusus (ABK) / Ist
Komunitas Aksara Bhinneka menggelar giat pengabdian kemanusiaan kepada anak berkebutuhan khusus (ABK) / Ist

Wartacakrawala.com – Komunitas Aksara Bhinneka yang beranggotakan sejumlah mahasiswa di Kota Malang kembali menjalankan program menariknya, kali ini komunitas Aksara Bhinneka menggelar giat pengabdian kemanusiaan kepada anak berkebutuhan khusus (ABK), yang dalam hal ini bekerja sama dengan dewan guru SLBN Kota Batu. Kegiatan ini sekaligus menjadi peringatan ulang tahun SLBN Kota Batu yang ke-7.

Acara yang berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai Selasa, 21 Februari 2023 sampai Kamis, 23 Februari 2023 ini banyak menampilkan bakat dan minat peserta didik berkebutuhan khusus se-Kota Batu dalam tajuk kegiatan SLBN Kota Batu Got Talent.

“Banyak teman-teman berkebutuhan khusus yang secara tidak langsung memberi kami motivasi dengan tampilan-tampilan yang sangat luar biasa. Ada yang autis, tunanetra, tunarungu, tunadaksa, tunawicara, dan lain-lainnya. Mereka pandai menyanyi, menari, berpuisi, pencak silat, bahkan berpantomim,” ucap M. Amirulloh A.A selaku ketua pelaksana.

Bayu Fitrah Kurniawanm founder Komunitas Aksara Bhinneka menuturkan bahwa kegiatan ini tidak lain adalah untuk memupuk jiwa kemanusiaan bagi anggota komunitas, ABK adalah anak-anak yang sangat spesial, dan di era 4.0 ini bullying masih marak terjadi dimana-mana, khususnya kepada mereka yang dianggap memiliki kekurangan.

Baca juga: Fasilitasi Warga, Bupati Jember Dirikan Omah Rembug

Bayu berharap anggota komunitas Aksara Bhinneka dapat menjadi manusia yang dapat memanusiakan manusia. Bayu yang juga menjadi inisiator kegiatan ini tidak lain termotivasi oleh keadaan kedua orang tuanya yang juga merupakan penyandang difabilitas netra.

“Banyak manusia yang mengotori fitrahnya sebagai manusia, dan saya pribadi bersama saudara-saudara saya di komunitas Aksara Bhinneka ingin memupuk jiwa kemanusiaan itu dengan belajar dari adik-adik yang sangat luar biasa di SLBN Kota Batu. Pengalaman dan pelajaran tidak akan pernah bisa dibayar dengan uang, kami sangat khidmah menjalankan kegiatan ini,” ujarnya.

Kepala SLBN Kota Batu, Ibu Siti Muawanah S.Pd turut mengungkapkan kesyukurannya atas datangnya Komunitas Aksara Bhinneka diwaktu yang tepat, yakni berkenaan dengan ulang tahun SLBN Kota Batu yang ke-7.

“Komunitas Aksara Bhinneka datang diwaktu yang tepat, kami merasa sangat terbantu untuk dapat menyelenggarakan kegiatan dalam rangka perayaan ulang tahun SLBN Kota Batu yang ke-7. Saya senang, ternyata masih ada pemuda-pemuda yang terkunpul dalam satu komunitas yang masih peduli kemanusiaan, yang masih memiliki perhatian kepada anak-anak berkebutuhan khusus, semoga tali silatirahmi SLBN Kota Batu dengan Komunitas Aksara Bhinneka senantiasa terjaga,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Bupati Jember Hendy Siswanto saat membuka peresmian Omah Rembug / oc

Fasilitasi Warga, Bupati Jember Dirikan Omah Rembug

Next Post
Pengolahan dan pengemasan keripik tempe sagu dan gembos di Desa Ngadirejo oleh KSM UNISMA

KSM Tematik Unisma Berikan Kontribusi dalam Pengolahan Keripik di Desa Ngadirejo

Related Posts