Pahami Konsep Tiga Pusat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Avatar
Potret Kegiatan Belajar Mengajar Yang Melibatkan Orang Tua Secara Langsung di Masjid Bani Hasyim Islamic School Malang
Potret Kegiatan Belajar Mengajar Yang Melibatkan Orang Tua Secara Langsung di Masjid Bani Hasyim Islamic School Malang

wartacakrawala.com – Konsep tiga pusat pendidikan, Keluarga, Sekolah, dan Lingkungan Masyarakat menekankan bahwa pendidikan tidak hanya terbatas pada sekolah, tetapi juga melibatkan keluarga, lingkungan masyarakat, dan sekolah. Pendidikan dalam pola ini berfungsi sebagai sarana untuk membentuk anak menjadi individu yang sehat, berkepribadian baik, dan berkualitas.Keluarga: Keluarga merupakan salah satu faktor penting dalam pendidikan anak.

1. Keluarga memiliki peran besar dalam membentuk nilai-nilai, sikap, dan tata tertib anak. Orang tua harus menjadi contoh bagi anak dan memberikan dukungan dan bimbingan untuk meningkatkan pembelajaran anak.

2. Sekolah: Sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan anak, terutama dalam memberikan pembelajaran formal dan meningkatkan kemampuan anak. Guru harus memiliki kompetensi dan pelatihan yang baik untuk memberikan pembelajaran yangberkualitas.

Baca Juga : 4 Program Unggulan Sekolah Yang Sering Menjadi Favorit Dari Orang Tua Masa Kini

3. Lingkungan Masyarakat: Lingkungan masyarakat memiliki pengaruh besar dalam membentuk sikap dan perilaku anak. Masyarakat harus memiliki tanggung jawab untuk memberikan lingkungan yang baik dan aman bagi anak. Masyarakat juga harus menerima dan menghormati perbedaan antar individu dan mempromosikan kebhinekaan.

Dengan melibatkan ketiga pusat pendidikan ini, anak akan menerima pendidikan yang komprehensif dan memadai. Masing-masing pusat pendidikan memiliki peran dan tugas yang berbeda, tetapi bekerja sama untuk mencapai tujuan pendidikan yang sama.


Penting untuk diingat bahwa pendidikan tidak hanya melibatkan sekolah, keluarga, dan lingkungan masyarakat, tetapi juga memerlukan dukungan dan partisipasi dari pemerintah dan masyarakat. Semua pihak harus bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memastikan anak memperoleh pendidikan yang berkualitas.

*)Penulis Moh. Badrul Bari M.Pd. Merupakan Civitas Akademik Bani Hasyim Islamic School Malang

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Wartacakrawala.com

*)Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Suasana Lingkungan Belajar di Bani Hasyim Islamic School Malang

4 Program Unggulan Sekolah Yang Sering Menjadi Favorit Dari Orang Tua Masa Kini

Next Post
Potret Pelibatan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Santri Bani Hasyim Islamic School Malang (Belajar Bersama Orang Tua, Lokasi Sport Center Bani Hasyim)

6 Langkah Partisipasi Orang Tua Dalam Proses Pendidikan Anak Yang Sangat Penting

Related Posts