Polemik Rangkap Jabatan Erick Thohir dan Zainudin Amali di PSSI

Shofy Maulidya Fatihah
Erick Thohir dan Zainudin Amali dalam kongres luar biasa PSSI / @erickthohir
Erick Thohir dan Zainudin Amali dalam kongres luar biasa PSSI / @erickthohir

Wartacakrawala.com – Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI telah usai, hasilnya Erick Thohir terpilih sebagai ketua umum PSSI, sementara untuk posisi waketum PSSI yang terpilih adalah Zainudin Amali dan Ratu Tisha. KLB PSSI ini digelar di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023).

Meski sudah setelah, hasil dari KLB PSSI ini menghadirkan polemik baru, yaitu perihal tentang rangkap jabatan. Perlu diketahui, saat ini Erick Thohir juga menjabat sebagai Menteri BUMN dan Zainudin Amali menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Pasalnya, jika merujuk pada UU No.39 Tahun 2008 tentang kementerian Negara, dijelaskan dalam pasal 23 bahwa “menteri dilarang merangkap jabatan apabila jabatan yang dimaksud adalah sebagai pejabat negara lainnya atau menjadi komisaris/direksi pada perusahaan negara/swasta atau merangkap sebagai pimpinan organisasi yang dibiayai oleh APBN/APBD”.

Baca juga: Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg, Ketua LPP PKB Kota Malang Targetkan 12 Kursi

Merujuk pada aturan tersebut, jika PSSI adalah lembaga yang dibiayai oleh APBN, maka Erick Thohir dan Zainudin Amali harus lengser dari jabatan menterinya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memberikan pernyataan bahwa rangkap jabatan yang dilakukan oleh menterinya, bukan sesuatu yang harus dipersoalkan. Bagi Jokowi, yang penting menterinya tersebut dapat membagi waktu dengan baik.

“Yang paling penting, semua menteri bisa mengatur waktunya. Ini urusan manajemen waktu, manajemen mengatur organisasinya, manajemen perencanaanya. Ini masalah manajemen,” ujar Jokowi, dikutip dari Antara, Jumat (17/8/2023).

Meski demikian pernyataan Jokowi ini belum menjelaskan tentang bagaimana aturan terkait dengan rangkap jabatan yang dilakukan oleh seorang menteri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Suasana pembukaan proses uji kelayakan dan kepatutan oleh para bacaleg dari PKB Kota Malang, Kamis (23/2/2023)

Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg, Ketua LPP PKB Kota Malang Targetkan 12 Kursi

Next Post
Potret persiapan petinju Lumajang / Kominfo-lmj/Ad

Potret Persiapan Petinju Asal Lumajang, Tampil WBO Oriental Youth Kelas Minimum

Related Posts