Mahasiswa KKNT Kelompok 5 UNIRA Malang Mewujudkan Lingkungan Berkelanjutan di Dusun Sumbergelang Melalui Pelatihan Pembuatan Vertical Garden dan Aquaponic

Shofy Maulidya Fatihah
Foto bersama seusai Pelatihan Vertical Garden dan Aquaponic / Iqbal Farhan Nuruddin
Foto bersama seusai Pelatihan Vertical Garden dan Aquaponic / Iqbal Farhan Nuruddin

Wartacakrawala.com – Malang, 31/01/24 – Mahasiswa KKNT Kelompok 5 Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang mengambil langkah konkret dalam membangun lingkungan yang berkelanjutan dengan mengadakan pelatihan pembuatan vertical garden dan aquaponic di Dusun Sumbergelang pada hari Selasa, 30-01-2024 pukul 14.00 WIB. Inisiatif ini bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dalam memanfaatkan ruang terbatas dan sumber daya yang ada untuk keberlanjutan ekosistem.

Dalam pelatihan ini, mahasiswa UNIRA Malang menghadirkan pemateri yakni Ibu Astrid Ika Paramita, S.P.,M.P yang mana merupakan Dosen Program Studi Agroteknologi UNIRA Malang. Beliau memberikan panduan praktis tentang cara mendesain, membangun, dan merawat vertical garden serta sistem aquaponic secara efisien. Dosen yang kerap disapa Ibu Astrid ini juga memberikan pemahaman tentang pentingnya penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan dan teknik pertanian yang berkelanjutan.

Pelatihan ini dihadiri oleh Ibu Kepala Dusun beserta jajarannya, serta perangkat-perangkat Desa Sumberdem. Dalam sambutannya, Kepala Desa yakni Ibu Purwati menyampaikan, “semoga dengan diadakannya pelatihan vertical garden dan aquaponic ini bisa untuk mendukung menu sehat dari warga Dusun Sumbergelang ini, lebih bagus lagi jika budidaya vertical garden dan aquaponic ini bisa merambat ke Dusun-Dusun yang lain juga”.

Ibu Astrid memberikan pemahaman materi terkait metode bercocok tanam sebelum ke model bercocok tanamnya. Beliau menjelaskan terkait metode Hidroponik dan Aeroponik, yang mana kedua metode tersebut memiliki pembedaan dalam cara pemberian nutrisi. Hidroponik merupakan metode budidaya tanaman menggunakan media air, sedangkan aeroponik merupakan metode budidaya tanaman menggunakan teknik pengembunan dengan penyemprotan nutrisi ke akar tanaman.

Vertical garden dan aquaponik pada dasarnya merupakan model dari budidaya tanaman. Ibu Astrid juga memaparkan bahwa agar enak dipandang kuncinya adalah harus bisa mendesain peletakan tanaman dengan rapi. Pada kegiatan pelatihan, Ibu Astrid juga memberikan praktek secara langsung terkait vertical garden dan aquaponic dibantu oleh mahasiswa KKNT Kelompok 5 UNIRA Malang. selain itu, Ibu Astrid juga memberikan praktek cara pembuatan pupuk organik cair tanaman dengan menggunakan bahan-bahan rumahan yang mudah ditemukan.

Partisipasi aktif masyarakat dalam pelatihan ini mencerminkan antusiasme dan keinginan untuk belajar dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan menjaga keberlanjutan lingkungan. Dengan bimbingan dari Ibu Astrid selaku pemateri pada kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKNT Kelompok 5 UNIRA Malang, peserta pelatihan di Dusun Sumbergelang semakin percaya diri dalam menerapkan praktik-praktik pertanian berkelanjutan di lingkungan mereka.

Ketua kelompok 5 mahasiswa KKNT UNIRA menyatakan, “Kami percaya bahwa dengan memberikan pelatihan ini, kami dapat membantu masyarakat Dusun Sumbergelang untuk menjadi lebih mandiri dalam menyediakan pangan dan menjaga lingkungan sekitar. Vertical garden dan aquaponic adalah solusi yang ramah lingkungan dan efektif dalam mengoptimalkan lahan.”

Selain memberikan pengetahuan praktis, pelatihan ini juga menjadi momentum untuk membangun jejaring dan kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat. “Kami berharap pelatihan ini bukan hanya sekadar kegiatan satu kali, tetapi menjadi awal dari perjalanan panjang dalam membangun hubungan yang berkelanjutan antara kampus dan komunitas lokal,” tambah ketua kelompok KKNT.

Dengan adanya pelatihan pembuatan vertical garden dan aquaponic ini, mahasiswa KKNT kelompok 5 UNIRA Malang memberikan kontribusi yang berarti dalam upaya membangun lingkungan yang lebih hijau, berkelanjutan, dan mandiri di Dusun Sumbergelang.

Penulis : Zahrotul Amalia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
TMTB Sidogiri

Gelar Lomba Musamma di PP. Miftahul Ulum Bulupayung, TMTB Sidogiri Beri Pemenang Voucer Umroh

Next Post
Pmm umm

PMM Universitas Muhammadiyah Malang Memperkenalkan Literasi Digital di SDN 04 Rejoyoso

Related Posts