Pahami Tahap Perkembangan Anak Pra Sekolah, Mahasiswa PMM UMM Memberikan Psikoedukasi pada Wali Murid TK

Shofy Maulidya Fatihah
Mahasiswa PMM UMM bersama wali murid usai berikan Psikoedukasi / ist
Mahasiswa PMM UMM bersama wali murid usai berikan Psikoedukasi / ist

Wartacakrawala.com – Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan program yang memberikan kesemptan kepada mahasiswa untuk melakukan kegiatan yang memberikan manfaat kepada masyarakat maupun instansi terkait.

Memanfaatkan kesempatan tersebut, mahasiswa PMM Bhaktiku Negeri kelompok 32 gelombang 13 melakukan kegiatan psikoedukasi bertajuk “Tahap Perkembangan Anak Usia Pra-Sekolah.” Kegiatan PMM ini sebagai bentuk pengaplikasian hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan psikodukasi ini dilaksanakan pada hari Sabtu (11/2) di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 23. Tema psikoedukasin yang diangkat kali ini adalah perkembangan anak.

Penting bagi orang tua dan pengajar TK mempelajari perkembangan anak usia dini karena pengalaman anak di usia dini memberi dampak pada kehidupan di masa yang akan datang.

Psikoedukasi ini bertujuan agar orang tua lebih memahami tahap perkembangan yang sesui bagi anak-anak mereka dan membantu anak-anak untuk berkembang secara optimal sesuai dengan tahap perkembangan usianya.

Baca juga: Meriahkan Hari Kanker Anak Sedunia, YDSF Kota Malang Gelar Lomba Mewarnai dan Tantang Cukur Gundul

Pelaksanaan psikoedukasi di pimpin oleh Nada Nazhifah sebagai mc dan Razzaqurnia Dewi yang di datangkan, bukan anggota kelompok PMM, sebagai pemateri. Penyampaian materi dibantu dengan power point yang dipancarkan melalui cahaya proyektor sebagai media visual materi yang disampaikan.

Kegiatan diawali dengan pembukaan singkat oleh MC, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi serta diskusi tanya jawab di akhir sesi sembari memakan cemilan yang telah disediakan.

Psikoedukasi perkembangan anak usia pra sekolah ini memaparkan tentang proses perkembangan anak mulai dari perkembangan fisik yang meliputi motorik halus dan motorik kasar, serta perkembangan perkembangan sosio emosional, bahasa, dan perkembangan kognitif. Selain itu juga menjelaskan apa saja yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk menstimulasi perkembangan anak-anak mereka.

Di akhir kegiatan dilakukan foto bersama sebagai bentuk dokumentasi serta penyerahan sertifikat oleh ketua kelompok PMM kepada pemateri. Melalui program kegiatan psikoedukasi ini diharapkan para wali murid mendapatkan pemahaman tentang proses perkembangan anak shingga dapat membantu anak-anak mereka untuk memberikan layanan edukasi yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Meriahkan Hari Kanker Anak Sedunia, YDSF Kota Malang Gelar Lomba Mewarnai dan Tantang Cukur Gundul

Meriahkan Hari Kanker Anak Sedunia, YDSF Kota Malang Gelar Lomba Mewarnai dan Tantang Cukur Gundul

Next Post
Suasana pembukaan proses uji kelayakan dan kepatutan oleh para bacaleg dari PKB Kota Malang, Kamis (23/2/2023)

Gelar Uji Kelayakan dan Kepatutan Bacaleg, Ketua LPP PKB Kota Malang Targetkan 12 Kursi

Related Posts