Belajar Sejarah, Mahasiswa UIN Walisongo Ziarah ke Makam Auliya

Luluk Mukarromah
Mahasiswa kkn UIN Walisongo saat melakukan ziarah ke makam wali

Wartacakrawala.com – Mahasiswa KKN RDR 105 UIN Walisongo berziarah ke makam Syekh Maulana Syamsuddin di Kelurahan Sugihwaras Kabupaten Pemalang, Kamis (5/11).

Fazal Muttaqin mahasiswa KKN RDR 105 UIN Walisongo Semarang mengatakan, “berziarah ini sangatlah cocok untuk mengisi program kerja KKN non fisik, selain untuk mendoakan ahli kubur berziarah juga dapat menggali info tentang biografi serta perjuangan dan keilmuan wali, yang mana dari itu diharapkan menjadi energi positif untuk peziarah agar dapat meniru akhlak wali tersebut,” katanya.

“Dalam berziaroh kita juga tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, jaga jarak antar peziarah dan berwudhu,” lanjut Fazal Muttaqin.

Baca juga: Bersihkan Eceng Gondok, Mahasiswa UIN Walisongo Sukseskan Program PHBS

Dalam buku Syekh Maulana Syamsuddin karya Habib Muhdor Ahmad Assegaf dkk tertulis “Juga diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “barangsiapa yang membuat biografi seorang muslim, maka sama dengan menghidupkannya. Dan barangsiapa berziarah kepada seorang alim, maka sama dengan berziarah kepadaku (Nabi SAW). Dan barangsiapa berziarah kepadaku setelah aku wafat, maka wajib baginya mendapat syafaatku di Hari Kiamat.” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi).

Imam Afifuddin selaku ustadz pemimpin ziarah menuturkan, “ada banyak pilihan program kerja KKN non fisik. Namun, berziarah adalah prioritas. Karena, dengan kita berziarah kita dapat menghargai sejarah dan jasa para ulama salah satunya dalam menghapus wabah kebodohan dalam bangsa ini, dari itu diharapkan setelah lulus mahasiswa dapat mengamalkan ilmunya serta dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

“Saya senang dapat berziarah ke makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang, disamping menawarkan wisata religi, lokasi makam Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang juga dekat dengan laut dan wisata air yaitu widuri waterpark, jadi saya dapat refreshing dua kali sekaligus, wisata rohani dan wisata bahari” Kata Ani Fitriyani, salah satu peziarah Syekh Maulana Syamsuddin Pemalang. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Bersihkan Eceng Gondok, Mahasiswa UIN Walisongo Sukseskan Program PHBS

Next Post

Mahasiswa KKN UIN Walisongo Kreasikan Olahan Rumah Wajit Ketan

Related Posts