Penerapan Token Ekonomi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak

Avatar
Pmm umm
Kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) yang dilakukan oleh sejumlah Mahasiswa UMM di SD Negeri Tegalgondo, Kec. Karangploso, Kab. Malang, Jawa Timur

Wartacakrawala.com – Kegiatan PMM (Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa) yang dilakukan oleh sejumlah Mahasiswa UMM untuk membantu siswa/i dalam meningkatkan kepercayaan diri dengan cara menerapkan teknik token ekonomi di SD Negeri Tegalgondo, Kec. Karangploso, Kab. Malang, Jawa Timur.

Mahasiswa PMM Gelombang 7 Kelompok 30 yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Muhammad Fath Mashuri, S.Psi., M.A terdiri dari lima orang yaitu, Sri Rahayu, Shofiyah Husna Atikah, Shafa Oksya Amalliah, Maida Latifa Irsyadiyah, dan Miftah Khaerunisah yang merupakan Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2022. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Sebelum melakukan kegiatan PMM di SD Negri Tegalgondo kelompok kami melakukan observasi di SD tersebut. Selama melakukan observasi kelompok kita menemukan permasalahan yang terjadi yaitu banyak siswa/i yang kurang mampu mengungkapkan pendapatnya dan tidak memiliki kepercayaan diri. “Banyak siswa/i di sini yang masih malu-malu dalam mengeluarkan pendapatnya dan kurang percaya diri kalau disuruh maju ke kelas mbak” kata kepala sekolah.

Setelah melihat masalah tersebut, PMM kelompok 30 mengembangkan sebuah program kerja berupa penerapan teknik token ekonomi untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa/i kelas 2 di SD Negeri Tegalgondo.

Token ekonomi adalah suatu sistem penguatan positif yang digunakan untuk mendorong perilaku positif dan membangun keterampilan pada siswa/i. Konsep token ekonomi yaitu memberikan token atau poin pada siswa/i setiap kali anak berhasil melakukan perilaku yang diinginkan.

Token ekonomi
Media pembelajaran token ekonomi untuk meningkatkan keterampilan siswa

Token atau poin nantinya akan dikumpulkan lalu dapat ditukarkan dengan hadiah yang diinginkan oleh siswa/i. Fungsi hadiah merupakan suatu imbalan atau reward atas keberhasilan perilaku yang diinginkan. Harapan diterapkan teknik token ekonomi ini agar para siswa dapat lebih memiliki kepercayaan diri yang tinggi dalam segala situasi, tidak malu dalam mengeluarkan pendapatnya lagi, dan juga dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam speaking.

Baca juga: Usung Program Kolaborasi, Mahasiswa PMM UMM Sukses Menggaet Simpati Masyarakat

Menurut pendapat Bu Ida selaku Wali Kelas 2 SD Negeri Tegalgondo “Penggunaan token ekonomi sejauh ini merupakan alat yang efektif dalam membangun kepercayaan diri anak. Dengan memberikan pengakuan, memotivasi, dan membantu anak membangun pengalaman sukses, sistem ini tidak hanya membantu dalam mengelola perilaku anak tetapi juga membantu mereka tumbuh menjadi individu yang percaya diri dan berpenghargaan diri,” paparnya.

Kelompok ini melaksanakan program kerja teknik token ekonomi ini akan dilaksanakan kurang lebih selama dua minggu. Pada hari pertama mahasiswa memperkenalkan token ekonomi pada siswa/i sekaligus penerapannya. Dimana perolehan token atau poin tersebut didapatkan ketika siswa/i tersebut mampu menyelesaikan sebuah game atau berani maju kedepan kelas.

“Dihari kedua hingga seterusnya kelompok kita telah mempersiapkan beberapa game ataupun aktifitas yang dapat memancing mereka untuk mengeluarkan pendaparnya ataupun berani maju kedepan kelas,” ujarnya salah satu mahasiswa.

Kegiatan diberikan berupa ujuk bakat, simulasi profesi, a day in my life, dll. Dimana yang dimaksud dengan unjuk bakat adalah siswa/i akan menampilkan bakat yang ia miliki didepan kelas. Dengan menggunakan metode reinforcement positif yaitu memberikan pujian serta reward ketika mereka telah berhasil menampilkan bakat yang mereka miliki. Tujuannya agar siswa/i lebih percaya diri tampil kedepan dan ditonton oleh teman-teman kelasnya.

Lalu simulasi profesi yaitu menampilkan dan memperagakan profesi dari kertas yang telah mereka dapatkan. Tujuannya agar siswa/i lebih berani tampil kedepan dengan pengetahuan yang mereka ketahui tentang profesi itu.

Sedangkan a day in my life adalah meminta siswa/i untuk menjelaskan dan menceritakan didepan kelas mengenai hal apa saja yang telah ia lakukan selama satu hari. Tujuannya untuk meningkatkan keberanian agar siswa bisa lebih percaya diri untuk tampil kedepan.

Selain itu diakhir penerapan teknik token ekonomi kami, memberikan apresiasi berupa hadiah kepada tiga siswa/i yang telah mendapatkan poin terbanyak. Hadiah tersebut berupa piala dan juga bingkisan.

Dengan diterapkannya Teknik Token Ekonomi ini, diharapkan dapat menjadikan siswa siswi SD Negeri Tegalgondo menjadi lebih percaya diri lagi disegala situasi dan dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam speaking. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Pmm umm Sumberoto

PMM UMM Bantu Tingkatkan Nilai Ekonomis Buah Melon Menjadi Inovasi Olahan Produk Selai Melon

Next Post
Pmm umm

Puding Sedot Inovasi Mahasiswa PMM UMM, Produk Baru yang Mencuri Perhatian

Related Posts