KARAKTERISTIK SEKOLAH MAJU, STANDAR PENDIDIKAN BERMUTU

Avatar
MOH. BADRUL BARI, M.Pd. Merupakan Tenaga Kependidikanan di Sekolah Bani Hasyim Singosari Malang
MOH. BADRUL BARI, M.Pd. Merupakan Tenaga Kependidikanan di Sekolah Bani Hasyim Singosari Malang

Wartacakrawala.com -Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam membangun masa depan yang lebih baik bagi setiap individu dan negara. Oleh karena itu, banyak negara berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka dengan mengikuti standar internasional.

Standar ini memastikan bahwa pendidikan yang diterima oleh setiap anak sesuai dengan tingkat kompetensi yang diharapkan pada setiap tingkat pendidikan.

Pendidikan yang maju dan berstandar internasional menekankan pada pengembangan kompetensi intelektual dan emosional siswa. Hal ini dilakukan melalui program pembelajaran yang berkualitas, tenaga pendidik yang professional, dan fasilitas pendidikan yang memadai.

Baca Juga : 8 Tips Menjadi Guru Yang Ideal Di Dalam Dan Luar Kelas

Kurikulum yang digunakan juga mengacu pada standar internasional dan mencakup materi yang relevan dan bermakna bagi masa depan anak.
Metodologi pembelajaran yang digunakan pada pendidikan berstandar internasional adalah metodologi yang menekankan pada pengalaman belajar dan pemahaman yang dalam.

Siswa tidak hanya mempelajari materi secara teoritis, tetapi juga mempraktekkan dan mengaplikasikan pengetahuan yang didapat ke dalam kehidupan sehari-hari. Ini membantu siswa memahami materi dengan lebih baik dan menjadi lebih terlibat dalam proses belajar.

Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak juga sangat penting dalam pendidikan yang maju dan berstandar internasional. Orang tua harus memahami peran mereka dalam mendukung anak mereka dalam belajar dan mencapai potensi mereka yang maksimal. Ini bisa dilakukan melalui komunikasi dan kerjasama antara sekolah dan orang tua, serta memastikan bahwa anak memiliki akses yang memadai untuk bahan belajar dan fasilitas pendidikan.

Baca Juga : Kenali 8 Peran Penting Kepala Sekolah Dalam Memimpin

Sekolah bertaraf internasional juga menekankan pada budaya dan norma yang baik dalam kehidupan sekolah. Ini termasuk membuat lingkungan yang aman, sejahtera dan inklusif bagi semua siswa, menghormati hak-hak siswa, dan mempromosikan tingkah laku yang positif.

Dalam mencapai pendidikan yang maju dan berstandar internasional, negara harus berinvestasi dalam pendidikan dengan menyediakan fasilitas dan tenaga pendidik yang memadai.

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembangunan suatu negara. Dalam era globalisasi saat ini, suatu negara tidak hanya dilihat dari segi ekonomi, tetapi juga dilihat dari tingkat pendidikan yang dimilikinya. Oleh karena itu, pendidikan yang maju dan berstandar internasional merupakan hal yang penting untuk dicapai.

Pendidikan yang maju dan berstandar internasional memiliki beberapa karakteristik, antara lain:

Baca Juga : 6 Langkah Partisipasi Orang Tua Dalam Proses Pendidikan Anak Yang Sangat Penting

Kurikulum yang Up to Date dan Relevan

Kurikulum yang digunakan harus up to date dan relevan dengan tuntutan zaman. Kurikulum harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia dan mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia global.
Metodologi Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif
Metodologi pembelajaran yang kreatif dan inovatif harus digunakan dalam proses belajar-mengajar. Ini dapat membuat siswa lebih tertarik dan terlibat dalam pembelajaran.

Keterlibatan Aktif Orang Tua dan Masyarakat

Keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat dalam pendidikan sangat penting. Mereka dapat memberikan dukungan dan bantuan bagi sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Fasilitas dan Teknologi Pendidikan yang Memadai

Sekolah harus memiliki fasilitas dan teknologi pendidikan yang memadai untuk membantu proses pembelajaran. Fasilitas seperti laboratorium, perpustakaan, dan teknologi informasi harus tersedia dan dapat digunakan oleh siswa dan guru.

Tenaga Pendidik yang Profesional dan Berpengalaman

Tenaga pendidik yang profesional dan berpengalaman sangat penting dalam memastikan mutu pendidikan. Mereka harus memiliki kompetensi dan kualifikasi yang sesuai untuk mengajar dan membimbing siswa.

Baca Juga : Pahami Konsep Tiga Pusat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Sementara itu Metodologi pembelajaran yang digunakan dalam kurikulum terbaik di dunia sangat beragam dan bervariasi tergantung pada negara, sistem pendidikan, dan filosofi pendidikan yang mendasar. Namun, beberapa metodologi pembelajaran yang umum digunakan dalam kurikulum terbaik di dunia meliputi:

Project-Based Learning (PBL) – siswa mempelajari materi melalui proyek-proyek yang membutuhkan kerjasama dan pemecahan masalah.

Inquiry-Based Learning – siswa mempelajari materi melalui penyelidikan dan penemuan mereka sendiri.

Differentiated Instruction – guru memilih dan menyesuaikan metodologi pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan tingkat pemahaman siswa.

Collaborative Learning – siswa bekerja sama dan berkoordinasi dalam kelompok untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Blended Learning – menggabungkan metodologi pembelajaran tradisional dan teknologi untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih baik bagi siswa.

Kurikulum terbaik di dunia juga sering memfokuskan pada pembentukan keterampilan seperti keterampilan sosial, emosional, dan berpikir kritis, serta memberikan ruang bagi siswa untuk mengejar minat mereka dan mengembangkan potensi.

Dengan memiliki karakteristik tersebut, sekolah akan mampu membantu siswa untuk mencapai potensinya dan siap menghadapi dunia global. Oleh karena itu, pendidikan yang maju dan berstandar internasional harus menjadi tujuan utama dalam pembangunan pendidikan suatu negara.

*)Penulis Moh. Badrul Bari M.Pd. Merupakan Civitas Akademik Bani Hasyim Islamic School Malang

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Wartacakrawala.com

*)Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Prosesi penyerahan dokumen pendaftaran Bacaleg dari Ketua DPC Gemasaba Moh. Badrul Bari (kiri) pada Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Kota Malang Nirianto Adnan (kanan) 5/5

Pastikan Keterwakilan Suara Milenial, Gemasaba Kota Malang Tugaskan Kader Terbaiknya Sebagai Bacaleg 2024

Next Post
Aktivitas Santri Bani Hasyim Saat Belatih Olahraga Catur di Ruang Psikologi Catur Kompleks Sekolah Bani Hasyim Islamic School

5 Perbedaan Antara Sistem Pendidikan Di Indonesia Dan Finlandia

Related Posts