6 Langkah Partisipasi Orang Tua Dalam Proses Pendidikan Anak Yang Sangat Penting

Avatar
Potret Pelibatan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Santri Bani Hasyim Islamic School Malang (Belajar Bersama Orang Tua, Lokasi Sport Center Bani Hasyim)
Potret Pelibatan Orang Tua Dalam Proses Pembelajaran Santri Bani Hasyim Islamic School Malang (Belajar Bersama Orang Tua, Lokasi Sport Center Bani Hasyim)

Wartacakrawala.com – Partisipasi orang tua dalam pendidikan anak merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak dan membantu mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan. Beberapa cara orang tua dapat berpartisipasi dalam pendidikan anak secara ideal adalah sebagai berikut:

1. Memberikan dukungan dan bimbingan: Orang tua harus memberikan dukungan dan bimbingan kepada anak dalam belajar. Ini bisa meliputi membantu menyelesaikan tugas rumah, memotivasi anak untuk belajar, dan memberikan pujian dan dorongan kepada anak setiap kali mereka berhasil.

2. Berpartisipasi dalam kegiatan sekolah: Orang tua harus berpartisipasi dalam kegiatan sekolah seperti rapat orang tua, acara sekolah, dan program sekolah lainnya. Ini membantu orang tua memahami bagaimana anak belajar dan membantu mereka untuk berkoordinasi dengan guru dan sekolah.

3. Memberikan pendidikan dan nilai-nilai yang positif: Orang tua harus memberikan pendidikan dan nilai-nilai yang positif kepada anak, seperti memotivasi anak untuk berbakti, membantu sesama, dan berbicara dengan jujur. Ini akan membantu anak memiliki pemikiran dan tindakan yang positif.

Baca Juga : Pahami Konsep Tiga Pusat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

4. Memastikan anak memperoleh pendidikan yang berkualitas: Orang tua harus memastikan bahwa anak memperoleh pendidikan yang berkualitas, seperti memastikan anak sekolah dengan baik, memastikan anak memperoleh bimbingan yang tepat, dan memastikan anak memiliki akses ke perpustakaan dan sumber belajar lainnya.

5. Menjaga komunikasi dengan guru: Orang tua harus menjaga komunikasi dengan guru anak, seperti membuat jadwal untuk bertemu dengan guru, membaca laporan perkembangan anak, dan membahas isu-isu penting dengan guru.

6. Memberikan contoh: Orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak, seperti menunjukkan perilaku positif, memperlakukan orang lain dengan hormat, dan membaca buku.

Dengan melakukan hal-hal tersebut, orang tua dapat berpartisipasi secara aktif dan efektif dalam pendidikan anak. Ini membantu orang tua memastikan bahwa anak memperoleh pendidikan yang berkualitas.

*)Penulis Moh. Badrul Bari M.Pd. Merupakan Civitas Akademik Bani Hasyim Islamic School Malang

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Wartacakrawala.com

*)Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Potret Kegiatan Belajar Mengajar Yang Melibatkan Orang Tua Secara Langsung di Masjid Bani Hasyim Islamic School Malang

Pahami Konsep Tiga Pusat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Next Post
Pelatihan digital marketing Lazis Cabang Pemalang

Kembangkan UMKM, Lazis Pemalang Gelar Pelatihan Digital Marketing

Related Posts