Revitalisasi Kampung Es Krim Jadi Solusi Peningkatan Ekonomi Pasca Pandemi

Avatar
revitaslisasi kampus es krim pasca pandemi
revitaslisasi kampus es krim pasca pandemi

Wartacakrawala.com – Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas PGRI Kanjuruhan Malang kelompok 11 yang mengusung tema “Implementasi Pengabdian Masyarakat Melalui Kuliah Kerja Nyata di Desa Tamanharjo” telah membuahkan hasil dari program kerja yang telah dicanangkan dan berhasil di eksekusi. Salah satunya yakni Renovasi dan Pembuatan Media Promosi untuk Kampung Es Krim.

Kampung Es Krim yang notabene merupakan salah satu UMKM di Desa Taman Harjo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang sempat surut saat dihadang Pandemi. Upaya pemulihan Kampung Es Krim Pasca Pandemi juga kurang membuahkan hasil yang maksimal. Kendala pemasaran dan media promosi menjadi pemicu utama tidak maksimalnya upaya pengelola dalam meningkatkan income dari produk yang dijajakan. “Kami berusaha menjual es krim dengan berbagai variant rasa yang unik agar konsumen tertarik, variant rasa daun kelor salah satunya. Namun media promosi yang belum tersedia membuat produk kami kurang dikenal masyarakat” ujar Pak Heri Susanto Pengelola Kampung Es Krim.

Melihat potensi yang ada di lokasi, kelompok 11 KKN Desa Tamanharjo Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, memanfaatkan bahan bekas sebagai sarana untuk renovasi di Kampung Es Krim. Botol bekas dan cat-cat sisa milik pengelola dijadikan bahan untuk mengeksplorasi kreativitas yang dimiliki masing-masing anggota tim untuk menghias Kampung Es Krim. Dengan cara ini, mahasiswa berupaya meningkatkan kualitas Kampung Es Krim dan menarik pelanggan agar penasaran dan berbondong-bondong datang ke Kampung Es Krim.
“Kami juga membuat spot foto, untuk lebih menarik minat konsumen” ujar Deri selaku CO program kerja di Kampung Es Krim.

Dari kreativitas yang dimiliki mahasiswa KKN kelompok 11 di Desa Tamanharjo, terciptalah spot foto dan beragam hiasan di Kampung es krim. Kampung es krim yang semula tampak lengang kini tampak lebih hidup dan tampak lebih menarik. Terbukti dari kegiatan bazar dan kegiatan perlombaan HUT RI yang diselenggarakan di Kampung Es Krim, banyak masyarakat yang berbondong-bondong datang dan berpotret ria di spot foto yang telah dibuat, kegiatan ini juga bertujuan sebagai grand opening Kampung Es Krim dalam upaya menarik minat pelanggan. Dengan cara ini, pertumbuhan ekonomi di Kampung Es Krim diharapkan dapat beranjak naik dan lekas membaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
kknt unikama

Pemberdayaan UMKM Industri Rumah, Desa Randu Agung, Singosari oleh KKN Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Next Post
Potret kemeriahan Papuma Fashion Week Kabupaten Jember / Kominfo Jember

Potret Meriahnya Papuma Fashion Week, Siap Memikat Pengunjung

Related Posts