Simak, Ini Dia Jam Olahraga Terbaik untuk Turunkan Berat Badan Anda

Shofy Maulidya Fatihah
Ilustrasi jam olahraga yang dapat menurunkan berat badan / freepik
Ilustrasi jam olahraga yang dapat menurunkan berat badan / freepik

Wartacakrawala.com – Seseorang yang ingin menurunkan berat badan tentu melakukan berbagai cara seperti diet atau olahraga. Kendati demikian, ada beberapa jam olahraga yang baik untuk menjaga berat badan.

Lantas bagaimana memilih jam olahraga yang baik untuk diet?

Sebuah studi menunjukkanjam olahraga yang baik untuk diet adalah di pagi hari. Berolahraga di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme, sehingga dapat membantu terus membakar kalori sepanjang hari.

Baca juga: Hindari 5 Sayuran Ini, Bisa Bikin Asam Urat Kambuh

Studi yang dipublikasikan di Medicine and Science in Sports and Exercise mendapati perempuan yang berjalan cepat selama 45 menit di pagi hari dapat mengontrol makanan di siang hari.

Mereka tidak terganggu dengan makanan-makanan yang tampak lezat dan menggiurkan. Berolahraga di pagi hari juga membuat mereka lebih aktif secara fisik.

Studi juga mendapati berolahraga di pagi hari dapat membuat tidur lebih nyenyak dibandingkan berolahraga di malam hari atau mendekati waktu tidur. Tidur yang cukup dan berkualitas juga berperan penting dalam menurunkan berat badan.

Pada penelitian lain, jam olahraga yang baik untuk diet adalah pada sore hari. Ini menunjukkan kemampuan tubuh berada pada puncaknya di sore hari.

Baca juga: Deretan Lomba Agustusan yang Unik dan Lucu untuk Anak-anak

Anda bisa memulai pukul 14.00 hingga 18.00, suhu tubuh berada pada titik tertinggi.

Suhu tubuh meningkatkan dapat meningkatkan fungsi dan kekuatan otot. Artinya, pada waktu ini tubuh siap untuk berolahraga.

Detak jantung dan tekanan darah juga umumnya paling rendah pada sore dan malam hari. Kondisi ini meningkatkan kinerja olahraga untuk menurunkan berat badan dan mengurangi kemungkinan cedera.

Oleh karena itu, Anda dapat memilih jam olahraga yang baik untuk diet pada pagi atau sore hari. Hindari berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur karena dapat membuat sulit tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post
Ilustrasi masalah asam urat yang kambuh / freepik

Hindari 5 Sayuran Ini, Bisa Bikin Asam Urat Kambuh

Next Post
Mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo / Detikcom

Ferdy Sambo Dijadwalkan Jalani Sidang Etik pada Kamis Besok

Related Posts