Daftar 33 Wisata Pantai yang Menakjubkan di Malang Selatan

Shofy Maulidya Fatihah
Salah satu wisata pantai di Malang

Wartacakrawala.com – Malang memang menjadi surganya wisata di Jawa Timur. Terdapat banyak sekali objek-objek wisata baru yang bermunculan. Terutama wisata pantai di Malang yang saat ini menjadi destinasi utama wisata di Kabupaten Malang. Ada setidaknya 33 daftar pantai di Malang Selatan versi Ongis Travel yang bisa kami uraikan di penjelasan di bawah ini. Sudah penasaran pantai apa saja yang ada di Malang Selatan? Yuk kita simak penjelasan berikut ini

  1. Pantai 3 Warna
    Pantai 3 warna yang berlokasi di Jl. Sendang Biru, Area Sawah, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang. Pantai yang memiliki daya tarik yang sangat berbeda ini termasuk pantai yang sangat diminati oleh wisatawan. Selain memiliki panorama yang indah pantai ini juga bersebelahan dengan pantai Sendang Biru. Di pantai ini kamu juga bisa snorkling, pihak pengelola juga menyewakan peralatan snorkeling lengkap dengan harga Rp.15.000. menurut warga sekitar, jika ada segerombolan burung bangau terbang rendah maka tandanya akan ada sekelompok lumba – lumba yang berenang disekitar pantai.
  2. Pantai Balekambang
    Pantai yang berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Bantur, Malang ini termasuk pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Disini wisatawan bisa melihat keindahan dan juga kemegahan dari pantai ini sendiri. Keindahan dan eksotisme dari pantai Balekambang memang sangat berbeda dengan pantai pesisir jawa timur lainnya. Pantai ini bisa disebut Pantai Tanah Lot nya Jawa Timur. Pantai Balekambang ini dulunya masihh dikitari pepohonan yang lebat dan hutan sehingga jarang sekali wisatawan yang sampai ke pantai ini. Setelah resmi dibuka sebagai salah satu objek wisata, nama Pantai Balekamabang makin dikenal oleh wisatawan.

Baca juga: Wisata Pantai Jolangkung Malang Selatan

  1. Pantai Tamban
    pantai yang terletak di Dusun Tambakrejo, Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Pantai ini merupakan salah satu pantai yang berada di pesisir selatan samudera Indonesia. Nama pantai Tamban ternyata berasal dari sejarah yang cukup bkuat dikalangan masyarakat sekitar pantai Tamban. Tamban didalam bahasa Jawa artinya “Obat”. Ketika sampai di pantai ini selalu siap para nelayan yang akan mengantar pengunjung untuk memancing di pantai.
  2. Pantai Goa Cina
    Pantai yang terletak di Dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang. Nama Goa Cina ini sebenarnya bukan tanpa sebab, karena di pantai ini juga terdapat goa yang memiliki daya pikat tersendiri. Goa yang berada di pantai ini berjarak sekitar 50 meter, goa tersebut memiliki tinggu kurang lebih 2 meter serta lebar 2 meter dan mempunyai rongga yang menjorok sekitar 8 meter. Dulunya nama Pantai Goa Cina sendiri adalah Pantai Rowo Indah. Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan wisatawan di pantai ini diantaranya bermain pasir, pantai ini juga memiliki air laut yang bersih dan pasir putih. Keunikan dari pantai Goa Cina ini terdapatnya gelombang air laut yang bersimpangan dari 3 arah, yaitu dari arah timur, selatan dan barat.
  3. Pantai Watu Leter
    Pantai yang berlokasi di Dusun Rowotrate, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Malang. jarak dari Malang ke Pantai kurang lebih 60 km. Dan menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam. Nama Pantai Watu Leter berasal dari salah satu tebing yang berada di bagian ujungnya memiiki bentuk datar. Suasana di Pantai Watu Leter ini terlihat lebih sepi sehingga suasana pantai ini terasa lebih tenang dan bersih.
  4. Pantai Bantol
    Pantai yang berlokasi di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarejo, Donomulyo, Jawa Timur. Keberadaan pantai yang berada jauh dari rumah penduduk dan perkampungan ramai menjadikan pantai ini belum menjadi destinasi utama bagi para wisatawan. Pantai ini juga memiliki danau dengan air yang payau menjadikannya tempat bermuara sungai kecil yang berasal dari dalam hutan yang berada disekitar pantai ini. Pantai ini juga cocok bagi para wistawan yang ingin camping disekitar pantai. Terutama karena perjalanan yang jauh dan berat sangat disarankan untuk camping dipantai ini. Supaya wisatawan bisa berlama-lama menikmati keindahannya.
  5. Pantai Licin
    Pantai yang terletak di Dusun Licin, Lebakharjo, Ampelgading, Malang. untuk melanjutkan perjalanan ke pantai ini sangat dibutuhkan pembekalan dan kondisi motor yang prima. Meskipun melewati perjalanan yang sulit tetapi tidak mengecewakan hati jika sudah sampai di pantai ini. Salah satu daya tarik dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna hitam. Pasir yang ada di pantai licin ini pada awalnya berwarna putih. Karena itu dijuluki Pantai Pasir Putih, namun setelah Gunung Semeru meletus pada tahun 1960an. Warna pasir di pantai ini berubah menjadi hitam. Karena jarak dari pantai ini ke Gunung Semeru sendiri sekitar 75 Km. Selain pasir hitam, keindahan pantai ini tersaji lewat bukit-bukit di kawasan pesisir dan dikawasan perairan yang jaraknya cukup jauh dari pantai. Keberadaan bukit – bukit ini karang di kawasan perairan itulah yang membuat ombak Samudera Hindia terlebih dahulu di pecah di tengah laut sebelum sampai di pesisir pantai.

Baca juga: Catat, Pendakian Gunung Semeru dibuka Kembali

  1. Pantai Nganteb
    Pantai yang berlokasi di Dusun Sukorejo, Tumpakrejo, Gedangan, Malang ini memiliki jarak kurang lebih 75km dari pusat kota malang. banyak orang menyebut jika pantai ini adalah salah satu pantai angker yang banyak sekali sarat dengan mitos dan sejarah. Keunikan dari pantai ini adalah hamparan pasirnya yang putih dan halus menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan yang datang berkunjung. Selain itu, pantai ini jika terlihat memiliki status yang masih perawan dikarenakan masih belum banyak diketahui oleh wisatawan dan hal ini juga yang membuat pantai nganteb masih terlihat alami serta terjaga dengan baik. Hal yang harus diketahui wisatawan ketika di pantai ini adalah larangan tidak diperbolehkan berenang.
  2. Pantai Sendiki
    Pantai yang terletak di Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang ini merupakan pantai yang sangat menawan. Pantai Sendiki menyajikan suasana alam yang sangat menakjubkan dan juga merupakan salah satu pantai tersembunyi yang mampu memanjakan wisatawan. Karena jika berada dipantai ini seolah pantai ini milik pribadi.
  3. Pantai Jonggring Saloko
    Pantai yang berlokasi di Desa Mentaraman, Donomulyo, Malang merupakan pantai terpencil serta jarak tempuh yang cukup jauh dengan akses jalan yang ekstrim menjadi alasan pantai ini sangat jarang dikunjungi oleh wisatawan. Dalam sejarah perkembangan tempat wisata ini, dulu masyarakat bersama penduduk setempat setiap tahunnya menggelar Upacara Labuhan pada tanggal 14 Muharram atau pada tanggal 15 Suro dalam bentuk larung sesaji. Hal yang menjadi pesona di pantai ini adalah begitu wisatawan menginjakkan kaki di pantai ini maka akan disambut dengan suasana yang sunyi dengan hanya suara deburan ombak desiran angin yang terdengar. Suasana keindahan dengan pepohonan yang berbaris rapi tidak jauh dari bibir pantai dan daun – daun pohon kelapa yang melambai – lambai.
  4. Pantai Wonogoro
    Pantai Wonogoro ini masih bertetangga dengan pantai yang populer yaitu Pantai Ngantep. Diarea pantai ini terdapat perusahaan tambang pasir besi yang keberadaannya masih mengenai warga sekitar. Pantai wonorogo ini sendiri tidak jauh beda misalnya pantai lainnya yaitu memiliki ombak relatif besar. Hamparan pasir putih dan bercampur besi sepanjang 1 km menjadi ciri spesial dari pantai wonogoro ini sendiri.
  5. Pantai Kondang Iwak
    Pantai yang berlokasi di Dusun Sumberpucung, Tulungrejo, Donomulyo, Malang yang berjarak sekitar 70 km dari pusat kota malang. pantai yang tidak terlalu populer ini memiliki pemandangan yang indah dan suasana yang cukup tenang. Di pantai ini wisatawan bisa memancing di muara air tawar yang berada tidak jauh dari pantai. Salah seorang penemu pantai ini memberikan nama pantai ini dengan kondang iwak dikarenakan muara biasanya disebut dengan kondang sementara ikan disebut dengan iwak, sehingga nama Pantai Kondang Iwak berarti pantai yang memiliki muara dengan ikan yang banyak didalamnya.
  6. Pantai Watu Lepek
    Dipantai Watu Lepek ini ada sebuah batu besar yang bentuknya pipih. Batu tersebut memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar kira-kira 6 meter. Masyarakat sekitar melihat bentuk batu itu seperti lepek atau piring kecil yang biasanya digunakan untuk minum kopi. Pantai ini juga memiliki banyak batu karang besar di sisi kanan dan kirinya sehingga wisatawan bisa naik ke salah satu batu karang yang tinggi untuk bisa melihat view yang ada disekitar pantai .lokasi pantai ini juga bisa dibilang tidak mudah di akses maka dari itu sangat jarang wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Lokasi pantai ini secara administratif nya di Desa Gajahrejo, Gedangan, Malang.

Baca juga: Rest Area Pesona Wono Agung Tawarkan Keindahan Alam Tiada Tara

  1. Pantai Wedi Awu
    Pantai yang berlokasi di Dusun Balearjo, Desa Purwodadi, Tortoyudo, Malang letaknya hanya dipisahkan oleh bukit tumpak Wi dengan Pantai Lenggoksono. Saat sampai di pantai ini wisatawan akan disambut dengan hamparan pasir yang luas. Dan juga pasir di pantai ini bukan berwarna putih bersih layaknya pantai pantai di kalimantan atau sulawesi. Karena pantai ini masih menjadi ciri khas seperti pantai di Malang Selatan dengan pasirnya yang berwarna coklet cenderung kehitaman.
  2. Pantai Wedi Putih
    Pantai yang berada di wilayah kecamatan Tirtoyudo ini merupakan pantai yang sangat unik karena dipantai ini wisatawan bisa melihat pantai seperi Raja Ampat.Rute dan akses jalan yang berliku menuju pantai ini membuat pantai ini layak disebut sebagai surga yang tersembunyi. Pantai ini memiliki pasir putih dan air yang sangat bersih namun masih sepi dari pengunjung bisa membuat wisatawan merasakan jika berada di pantai ini seperti pantai pribadi. Panorama yang menggoda di pantai ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan jika berkunjung.
  3. Pantai Lenggoksono
    Pantai yang berlokasi di Lenggoksono, Purwodadi, Tirtoyudo, Malang mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai yang lainnya dikarenakan pantai ini bisa digunakan untuk berolahraga surfing dan garis pantai yang sangat cantik dipandang mata. Karena ombak besar yang ada di pantai ini, sehingga wisatawan tidak diizinkan berenang ke tengah pantai. Pantai yang memiliki pasir putih seluas 1km ini juga dikelilingi dengan tebing tinggi dan pepohonan yang rimbun dan hijau. Selain surfing, dipantai ini wisatawan juga bisa snorkeling dan jika ingin ke pantai lain bisa menaiki perahu untuk sampai ke pantai yang lain seperti pantai Banyu Anjlok, dll.
  4. Pantai Jembatan Panjang
    Pantai yang memiliki sejuta keindahan ini tidak kalah dengan Pantai Balekambang. Pantai yang memiliki hamparan pasir yang diselingi dengan pecahan kerang dan terumbu karang. Reruntuhan jembatan yang ada di pantai ini seolah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Reruntuhan itu pula yang kerap dijadikan sebagai spot foto bagi para wisatawan yang berkunjung.
  5. Pantai Bajul Mati
    Pantai yang terletak di Desa Bajulmati, Gajahrejo, Gedangan, Malang ini tidak kalah indah dengan pantai yang lainnya. Meskipun akses ke pantai ini seperti tiada ujung karena jarak yang jauh, namun hal itu bukan hal yang harus disesali oleh wisatawan jika berkunjung ke pantai ini. Karena sesampainya di pantai ini semua perjalanan akan terbayar dengan keindahan dari pantai ini sendiri. Pantai dengan hantaman ombak yang besar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang. Rasa letih wisatawan akan terobati dengan pasir dengan tekstur yang lembut dan terhampar sangat luas.
  6. Pantai Banyu Anjlok
    Pantai yang terletak di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Malang ini dikenal dengan destinasi yang sangat menarik dan cantik. Di wilayah pantai ini juga terdapat berbagai destinasi mulai dari air terjun, wisata pantai, hingga gunung bromo. Dibawah air terjun wisatawan akan menemukan lubang goa kecil untuk akses masuk kesana karena harus menerobos derasnya air terjun. Pantai ini juga menjadi surganya bagi para pemancing, karena pantai ini menjadi budidaya berbagai macam lobster.

Baca juga: Pemkab Malang Tutup Destinasi Wisata selama Libur Nataru

  1. Pantai Bolu – Bolu
    Pantai yang berlokasi di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Malang merupakan pantai yang memiliki keindahan yang membuat wisatawan ingin langsung berenang dan menikmati keasinan air pantai ini. Pantai bolu bolu merupakan salah satu dari 3 pantai yang berada di daerah bowele yang terdiri dari Pantai Banyu Anjlok, Pantai Lenggoksono. Tidak kalah dengan pantai lain, pantai ini juga bisa menjadi tempat camping bagi para wisatawan yang ingin menikmati suasana malam di pantai.
  2. Pantai Sendang Biru
    Pantai yang berlokasi di Sendangbiru, Tambakrejo, Sumbermanjang, Malang ini memiliki keindahan yang tidak ada habisnya. Pantai ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang menjadi kebanggaan warga malang selain pantai goa cina. Pantai Sendang Biru merupakan pantai yang terkenal dengan mitos dan cerita misterinnya. Oleh karena itu, setiap tanggal 7/8 Syawal banyak sekali para nelayan yang datang ke pantai Sendang Biru untuk melakukan ritual tertentu.
  3. Pantai Klatakan
    Pantai yang berlokasi di Purwodadi, kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. untuk mencapai pantai Klatakan ini bisa mengambil jalur yang sama dengan pantai Lenggoksono dan Bolu-bolu. Untuk bisa mencapai tempat ini, penduduk setempat menyediakan sewa perahu nelayan untuk menyebrang hingga ke pantai Bolu-bolu. Di pantai klatakan merupakan surganya snorkeling. Di sini anda bisa melihat begitu banyak biota laut yang masih alami. Terdapat karang-karang dan ikan yang berwarna warni.
  4. Pantai Perawan
    Dijuluki sebagai Pantai Perawan alasannya sudah jelas, karena pantai ini sangat jarang di jamah atau dikunjungi oleh wisatawan. Jadi sudah bisa dipastikan jika wisatawan datang kemari maka akan ada keindahan pantai dan lokasi yang bersih. Pemandangan diantara pantai ini terdapat cengungan sehingga membuat pantai ini seolah di apit oleh 2 teluk. Dengan pasir yang berwarna putih kecoklatan dengan beberapa binatang laut yang bisa ditemui di bibir pantai.
  5. Pantai Pancer
    Pantai Pancer ini terletak di Desa Sidosari, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Pantai ini memiliki ombak yang tidak begitu besar, sangat pas untuk bermain air di pantai ini. Anda juga bisa menikmati sunrise yang begitu indah di pantai ini dengan melakukan camping bersama teman-teman di sekitar pantai sambil menikmati kesunyian malam karena pantai ini masih sangat alami.
  6. Pantai Kaliapus
    Pantai yang berlokasi di Desa Tambakrejo, Sumbermanjing wetan, Malang ini berjarak kurang lebih 75 km dari pusat kota malang. pantai Kaliapus hanya berjarak 2 km dari pantai Tamban. Pantai ini juga menyajikan pemandangan eksotis khas pantai selatan. Jika wisatawan menyusuri tepian pantai di antara hamparan pasir putihnya adalah pilihan yang tepat untuk mengusir lelah. Deru ombak di pantai ini yang tidak terlalu besar sesekali mengalun indah bersamaan dengan kicauan burung yang kebetulan mampir ditelinga.

Baca juga: Viral! Konten Tiktok Kontroversial Dokter Kevin Samuel Tuai Sanksi dari IDI

  1. Pantai Batu Bengkung
    Pantai yang berlokasi di Gajahrejo, Gedangan, Malang merupakan pantai yang berada di daerah gugusan pesisir pantai selatan. Di Pantai ini terdapat papan peringatan “no swim” yang sangat jelas di sepanjang pantai ini. Hal ini tentu saja untuk menghindari para wisatawan berenang disekitar pantai yang berbahaya. Dipantai ini juga terbentuk kolam ini karena berkat ombak besar yang menghantam barikade kerang sehingga pecah.
  2. Pantai Watu Buceng
    Pantai yang terletak di Dusun Sumber Celeng, Desa Banjarejo, Donomulyo, Malang. pantai yang masih alami dan bersih ini bisa dibilang masih sepi dari pengunjung. Pantai ini termasuk pantai yang rindang karna disepanjang tepi pantaii ditumbuhi tumbuhan khas pantai. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dan dikelilingi oleh baru karang atau bukit karang. Namun, kurangnya kesadaran wisatawan yang berkunjung di pantai watu buceng ini malah membuat pantai ini kotor dan meninggalkan banyak sampah. Seharusnya wisatawan bisa menjaga kebersihan pantai, karena pantai ini belum memiliki fasilitas yang memadai. Karena fasilitas yang belum memadai seharusnya wisatawan harus mengsiapkan semua keperluan untuk apapun.
  3. Pantai Mrutu
    Pantai yang berlokasi di Sumberrejo, Sumberoto, Donomulyo, Malang ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke pantai ini. Salah satu dari daya tariknya adalah ombaknya yang tenang, ombak yang datang dari lautan luas ke bibir pantai ini seperti berjalan pelan dan halus.
  4. Pantai Ngledakan Ciut
    Pantai yang beralamat di Hutan, Kedungsalam, Donomulyo, Malang, Jawa Timur. Keindahan pantai ini sendiri adalah lokasinya yang masih sepi, bersih dan memiliki pasir putih. Sesuai dengan namanya “ciut” memang pantainya sempit. Meskipun begitu pantai ini memiki pemandangan yang sangat indah. Dan pantai ini juga sangat cocok bagi wisatawan yang suka camping didaerah pantai.
  5. Pantai Selok
    Pantai yang beralamat di Kandangmerak, Sumberbening, Bantur, Malang, Jawa Timur. Dilokasi ini tidak hanya pantai ini saja yang bisa dinikmati oleh wisatawan tetapi tepat disebelah pantai ini juga ada Pantai Banyu Meneng. Di pantai ini wisatawan juga dapat menikmati pemandangan pasir putih yang terlihat bersih, pantai ini juga mempunyai deburan ombak yang cukup kencang sehingga melarang pengunjung untuk berenang disekitar pantai. Untuk wisatawan yang sangat hobi berfoto, pantai ini sangat cocok digunakan sebagai spot foto.

Baca juga: Kepingan Kapal Ditemukan, KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam

  1. Pantai Taman Ayu
    Pantai yang terlokasi di Desa TumpakRejo, Gedangan, Malang. lokasi pantai ini berada di pantai pesisir selatan. Tepatnya, pantai Taman Ayu ini berada di sebelah barat Pantai Ngantep. Dengan kondisi seperti ini wisatawan bisa menikmati keindahan beberapa pantai sekaligus. Wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang mempesona dari atas Puncak Taman Ayu. Bukit kecil yang biasanya menjadi lintasan para rider trail adventure akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan oleh para wisatawan.
  2. Pantai Sumur Pitu
    Pantai yang berlokasi di Dusun Sumber Jambe, Srigonco, Bantur, Malang merupakan tetangga dari pantai Balekambang. Pantai Sumur Pitu memiliki pemandangan lepas laut yang keren. Meski mata wisatawan disuguhi dengan tarian ombak laut, wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Pantai ini juga belum dikelola oleh pemerintah daerah atau pun swasta maka dari itu pantai ini tidak dilengkapi dengan fasilitas penunjang.
  3. Pantai Tengger
    Pantai yang berlokasi di kecamtan Tirtoyudo, Malang merupakan satu dari sekian banyak pantai di Malang Selatan yang masih memiliki keindahan misterius. Pantai ini lokasinya tersembunyi dibalik bukit yang dipenuhi ladang penduduk Desa Pujiharjo sehingga menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri. Untuk mencapai pantai ini wisatawan harus menempuh jarak selama 79 km dari pusat kota malang.
Total
0
Shares
0 Share
0 Tweet
0 Share
0 Share
0 Share
0 Share
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Pentingnya Edukasi Bersosial Media dengan Bijak di Indonesia

Next Post

Presiden Jokowi Lantik Dua Menteri, Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia

Related Posts

Total
0
Share